2/12/14

Share: Awal dan Tahun Sebelum Kehamilan :)

Salam Ladies..
Bagaimana harimu?
Di tengah cuaca hujan dan banjir dimana-mana.. Hehe.. 
Jakarta ga pernah ada habisnya.. -___-"

Kali ini sepertinya aku bakal cerita mengenai kehamilan aku.. hehe..
Where do we start? Hmmm..
Kayaknya bakal panjang jadi bersiap ya..
(ambil cemilan)

Okey, Aku menikah tanggal 23 Januari 2010.. 
it means pernikahanku sudah masuk usia tahun ke-4 tahun ini.. 
Alhamdulillah ya sesuatu... :) Doakan agar dapat langgeng dan menjadi jodoh dunia akherat! \(^0^)/ Ammiiinnn! Hihihi..
Waktu tahun pertama, 
Bisa dibilang kalau aku dan suamiku memang.. yeeaaa~~ agak menunda, dan dengan sedikit gengsi aja kalo ditanya orang 
"Kalian Nunda yah?" 
kita selalu jawab "Mau tau aja, atau mau tau banget?" atau 
"Ah.. Enggaaa,, perasaan anda sajaaa.." 
(bukan, bukan itu jawabnya).. 
tapi.. "Engga kok, mau pacaran dulu.. hehe"
Memang kita bermaksud menunda atau memang kondisi kita bisa dibilang santai saja..
Padahalkan tinggal bilang aja iya kami nunda, tapi kita takut pendapat orang dan kesan gimanaaaa gitu.. hehe.. (ada gak yang ngerasa gitu juga?)


Tahun ke-2, 
Kita mulai worry..
Kok kita gak KB tapi belum ada debay (dede bayi) juga yah..
Apa ada yg salah sama aku??? oh no?!
(biasalah.. lebay deh.. mulai mellow2 gitu.. kayak sinetron, hehe)
Kebetulan saat itu suamiku melanjutkan pendidikan di ITB yang notebene-nya di bandung dan aku kerja di Jakarta.. 
Meski begitu aku lebih sering di bandung, walau kerja aku tetep bolak balik bandung-jakarta dengan travel.. 
Dulu tuh ga kebayang kalau pagi berangkat kerja dari bandung ke jakarta dan sore sudah pulang lagi dari jakarta ke bandung.. Tapi lama-lama biasa juga, jarak yang jauh jadi berasa deket.. hehe.. Tapi emang ongkosnya lumayan mengurasss.. (>.<)!
Jadi fikirku, ah mungkin belum punya baby karna aku kecapean dan hormonku memang gak stabil.. bayangin aja, aku bisa gak haid 2-3 bulan, dan sekalinya haid aku bisa sampai 19 hari -___-" (Banjiiiirrrrrr..!) dan aku sering sakit banget kalo haid 3hari pertama, lalu badanku kaya orang sakit (kayak orang demam/masuk angin/ga enak banget pokoknya hawanya), Emosional.. nah loh banyak banget!
Kalo ada yang nanya kenapa blum ada baby? kita agak males nanggepinnya.. dan jawab seperti biasa..
"Mau pacaran dulu.. :)" tapi senyum dipaksa.. hahaha..

Dalam kegalauan, aku dan suami pasrah aja, tidak ada ikhtiar yang berarti karna kita optimis soon kita bakal dapet debay.. diwaktu dan saat yang tepat.. Kita selalu yakin Allah memberikan di saat terbaikNYA..



Tahun ke-3 menjelang 4, 
Kita mulai biasa aja, dan ga terlalu difikirin.. 
Pasrah dan ikhlas aja..
Kita sibuk masing-masing dengan kegiatan kita..
kalo dulu ditanya mengenai nunda jawabnya kita pengen pacaran dulu, akhirnya kita ganti..
"Pengen lulus S2 dulu.. :) (sambil mesem2)"
Waktu berlalu,,
Mamahku mulai takut aku belum ada debay juga.. beliau selalu doa dan titip doa ke temen-temennya yang pergi umroh atau haji.. (tanpa sepengetahuan aku loh, hehe)
Kalau ada pengajian ibu-ibu, mamahku minta doain aku.. hihihi.. Waktu denger gitu aku terharu sekaligus lucu.. :) Akupun yakin Allah mengijabah doa mamahku dan ikhtiarnya yang mungkin gak semuanya beliau ceritain.. Tapi anehnya aku nya malah yg gak menggebu-gebu kayak ditahun ke-2..
Tapi dihatiku aku YAKIN..

2 Tahun di Bandung..
Lalu, Suamiku lulus S2, dan kita moving ke Jakarta. Dan kita jadi kangen Bandung terus, dan bercita-cita bisa punya rumah disana,, hihihi.. Amin..



Foto pindahan.. :p

Suatu Hari, aku main ke rumah saudaraku dan ini bisa jadi salah satu faktor nya yang membuat aku hamil selain yang utama tadi doa dan ikhtiar mamah..
Aku bertemu tukang urut langganan saudara aku.. namanya Mak ILEH.. Energic, lincah dan senang cerita/bicara.. Awalnya aku ga mau diurut-urut, tapi aku iseng..
"kenapa neng?" kata Emak
"Haidnya ga lancar mak, Kalo haid sakit"
"aah, gampil sini Mak "benerin", Udah punya anak blon?" Logat betawi
"blom Mak"
"Brapa taon?"
"Jalan 4"
"Busyeng! lama yak?? Sini mak benerin dah peranakannya. Makanya jangan suka ajrut-ajrutan ama jalan-jalan ajah, Kecapean si enengnya nanti. Hamil mah bisa inih, cuma enengnya musti banyak istirahat!"
".............(T__T')....."
Pasrah dah.. 
"Dah selesai! paling bentar lagi haid nih, Tuh tadi Emak urut, peranakannya begeser. Mudah-mudahan lancar dah besok-besok yak!"
Alhamdulillah, habis itu memang haid, dan bulan depannya juga haid dengan tanggal yg teratur (dibanding sebelumnya).
Bulan selanjutnya ketemu lagi mak ileh, hanya sekedar urut biasa..

(Ps: mohon maaf banget untuk teman teman yg nanyain kontak atau alamat ma ille blm sempet aku jawab semua.. kebetulan aku ga tau alamat rumah ma ille karna hanya minta datang kerumah, dann yasalam banget karna kontak hp ku hilang semua, wallahualam kenapa, tapi tiba2.. jd maaaafff banget blum bisa bantu infonya yah.. :( )

Setelah lebaran Aku ngerasa seperti mau sakit, pikirku munggkin karna kerjaanku sebelum dan saat Ramadhan yang subhanallah padet.. Rasanya gak karuan, kaya orang gejala tipes rasanya.. Meriang, pusing/keleyengan mau jatoh, lemes.. banyak deh..
Dalam ke-ngga enakan badan aku, ponakanku bilang sambil pegang perut aku,
"mimi, dipelut mimi ada dede babynya.. " 
Seminggu sebelumnya pun dia juga pernah bilang begitu.. tapi aku ga nanggepin serius..

Suatu malam, hehe..
aku iseng aja coba-coba tes dengan alat deteksi kehamilan..
dan POSITIF dong pemirsahhh.. :")
Antara Panik, Gelisah, Seneng, Takut campur aduk..
Keluar kamar mandi aku nagis, eh suamiku bilang..
"Kenapa mi? Kenapa? (diem)..... (senyum lebar) HAMIL YA?"
Trus dia ketawa lebar, akunya dalam keadaan sesegukan jadi berenti sambil liat suamiku..
Dan suamiku pun Mesem-mesem, akunya tetep nangis..
Momen yang aneh dan tidak seimbang.. -____-"

gambar: sample

Setelah aku pikir-pikir, memang sepertinya Hormonku memang tidak stabil yang mengakibatkan tertundanya kehamilan. Faktor lelah dan kesibukan juga menjadi hal penghambat loh.. Paling enak sebelumnya kita sudah periksa kedokter mengenai kesuburan, Suami dan istri loh,, jangan istrinya ajah.. Makanan yang kita makan juga berpengaruh ternyata dan juga aktivitas kita..
Doa itu Luar biasa, aku percaya karna doa dan ikhtiar mamah itu yang akhirnya aku bisa hamil.. :")

Dan yang paling utama adalah KITAnya..
Aku pun sempet kaget pas Suamiku bilang..
"Yang kamu sadar ngga?
Allah itu mencatat ucapan kita sebagai doa yang.. dulu kita bilang kita mau pacaran dulu, trus Allah ijabah, kita pacaran dulu.. dulu kita bilang Tunggu lulus S2 dulu, pengennya nanti habis lulus aja punya anak.. Langsung deh Allah catat dan benerkan yang.. Allah bener2 kasih kamu kehamilan setelah aku lulus S2? Subhanallah ya.. "
Setelah itu aku dan suami bersyukur sekaligus istighfar karna ketidak tahuan kami sebagai manusia yang harus selalu diingatkan..

Jadi teringat Hadist:

"Sesungguhnya Allah berfirman: 

"Aku sebagaimana prasangka hambaku kepada-Ku. Aku bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku." 

[HR.Turmudzi]


Jadi buat teman-teman yang kemarin-kemarin nanya dan penasaran bagaimana awal dan proses tahun-tahun yang aku lalui sebelum kehamilan, ini dia cerita puanjang dari aku..
Yaaa.. semoga menjadi bacaan yang tidak membosankan -___-"
Selamat beerjuang buat Ladies yang juga sedang ikhtiar yah..
YAKIN, Insyallah Allah akan memberikan diwakttu dan saat yang tepat ya.. :) Amin..



Love,
- Irna -

19 comments:

  1. Waa panjang ya ceritanya. Selamat ya Irna udah jadi bumil ^^. Semoga kehamilannya lancar sampai lahiran nanti dan selalu sehat. hm, aku juga pengen pindah ke bandung, heuheuheu

    ReplyDelete
  2. Mbak Irna selamat ya... Semoga sehat adek dan bayinya, sehat seterusnya, dimudahkan kelahirannya. Saya dan suami juga menunggu hampir 4 tahun untuk kehamilan anak pertama kami. Cerita tentang bagaimana perjalanan kami menuju kehamilan tersebut saya utarakan disini :
    http://jaschira.wordpress.com/2012/09/19/my-testpack-story/
    Hopefully, you won't mind to read it...

    ReplyDelete
  3. Maaf-maaf.... Maksudnya semoga sehat adik bayi dan bundanya....

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah,,, semoga aku juga diberi mbak, sudah 4 tahun jalan.. amiiiin :D

    ReplyDelete
  5. Menarik sekali artikelnya tentang sakit perut. Terima kasih infonya twitter.com

    ReplyDelete
  6. Ikut larut dalam ceritanya nih...terharu...pasti seneng banget...moga sehat² mommy sama dedenya sampe lahiran ya...Salam kenal..:)

    ReplyDelete
  7. Teh irnaa... mau di urut sm mak ileh jg.. mau alamatnya.. hehehehehe

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah..
    subhanallah...
    selamat ya irna atas kehamilannya :)
    semoga lancar ya proses lahirannya nanti... aamiin
    sampe ngembeng bacanya :'(

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, terharu sampai nangis bacanya :')

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah Kak Inaaaaaa....seneng bangetttt dengernyaaa Kak Inaaa....Barakallah....semoga sehat2 terus ya...lancar persalinannya,,,,aamiin ya Allah.....

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, ikut senang Kak Irna :)
    Duh ikut larut tadi bacanya :")
    Tahu Kak Irna awalnya gak sengaja liat di youtube dari tahun2 lalu, lalu beranjak kepo kemana2.. hahahha..
    Mudah-mudahan bisa ketemu langsung sama Kak Irna kapan2, Amiin.. :)
    Sekali lagi selamat kak, mudah-mudahan lahir dengan selamat dan dede-nya sehat, lucu, sholeh, nyenengin, dan nggemesin! ^^

    ReplyDelete
  12. kak irna mw alamat ibu urut nya boleh ya?? sudah sangat menanti debay :(

    ReplyDelete
  13. nice info , terima kasih banyak untuk semua nya :)

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah, penantian panjaang, selamat ya mb irna,,
    semoga giliran saya segera datang, amiinn :)

    ReplyDelete
  15. Pengalaman nya cukup enak untuk disimak. Bunda nih ada tips menyenangkan saat trimester kehamilan http://goo.gl/LqcZuc

    ReplyDelete
  16. subhanallah , aku terharu bacanya , selamat ya mba semoga aku segera menyusul

    ReplyDelete